Minggu, 15 Desember 2013

Pengabdian masyarakat









Pengabdian masyarakat merupakan program kerja inti dari bidang IV BEM FKIP. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial mahasiswa dan juga mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah untuk diterapkan kepada masyarakat. Tujuan lain dari diadakan Pengabdian Masyarakat yaitu untuk meningkatkan solidaritas antar Ormawa FKIP. Dengan tujuan tersebut maka mengambil tema Pengabdian Masyarakat pada tahun ini adalah “Pengmas sebagai suatu langkah kecil dengan kepedulian yang besar untuk sesama dan meningkatkan solidaritas antar Ormawa FKIP”.
Pada pelaksanaan Pengabdian Masyarakat tahun ini, kami membentuk panitia besar yang terdiri dari 4 delegasi masing-masing HMP. Adanya panitia besar tersebut sangatlah membantu dalam pelaksanaan kegiatan. Konsep pelaksanaan Pengabdian Masyarakat pada tahun ini ada beberapa inovasi kegiatan yang dirasa perlu untuk diadakan sesuai kebutuhan. Pada tahun ini Pengabdian Masyarakat dilaksanaan dengan serangkaian acara. Mulai dari Kegiatan HMP Mengajar, kemudian dilanjut dengan Pengmas di Klego, dan ditutup dengan Konser amal & Closing Ormawa di GOR UMS
 Pada tanggal 11-16 November 2013 Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di Kecamatan Simo, Boyolali. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah “HMP Mengajar”, jadi setiap HMP terjun ke sekolah-sekolah sesuai dengan ranah program studi masing-masing untuk melaksanakan kegiatan di sekolah tersebut. Ada 7 sekolahan yang digunakan sebagai tempat Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Simo dan 1 Nogosari, yaitu :
TK PGRI Pentur       : HMP PG-PAUD
SD N Pentur 2          : HMP PGSD
MTs Muh 4              : HMP Pendidikan Matematika
SMP N 3 Simo         : HMP Pendidikan Geografi
MTs Walen               : HMP PPKn
SMA Muh Simo       : HMP Pendidikan Biologi
MAN 2 Boyolali       : HMP PBSID & EDSO
SMK 3 Nogosari      : HM PEA
Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan HMP berjalan dengan lancar dan mendapat respon yang positif dari masing-masing sekolah. Bidang IV BEM juga menyempatkan hadir di setiap kegiatan HMP mengajar.
Kegiatan selanjutnya yaitu Pengabdian Masyarakat di Sendangrejo, Klego, Boyolali. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 November 2013. Ada beberapa acara yang dilakukan, antara lain:
Pada hari pertama, Jumat, 21 November 2013 acara yang dilaksanan yaitu “Pembukaan” pada pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh perangkat desa dan rekan-rekan BEM FKIP UMS serta panitia besar. Acara selanjutnya yang dilaksanakan setelah sholat jum’at adalah “Penyuluhan gizi”. Sasaran dari acara penyuluhan gizi ini adalah ibu-ibu desa Sendangrejo. Pembicara penyuluhan gizi ini adalah saudara Indira yang merupakan Ketua Umum HMP Gizi FIK UMS. Setelah acara selesai, langsung disambung dengan acara “Penyuluhan Budidaya Jamur” dengan menghadirkan pembicara dosen Pendidikan Biologi yaitu Ibu Titik Suryanti yang sudah ahli di bidang budidaya jamur, dan didampingi oleh alumni mahasiswa Pendidikan Biologi yang juga ahli dalam bidang budidaya jamur yaitu saudara Intan. Walaupun jumlah peserta tidak terlalu banyak, namun ibu-ibu cukup antusias mengikuti acara tersebut karena dalam acara tersebut pembicara tidak hanya menyampaikan saja mengenai budidaya jamur, namun sekaligus ibu-ibu diajak untuk mempraktekkan langsung. Kurangnya peserta dikarenakan belum adanya sosialisasi oleh perangkat desa, padahal dari pihak panitia sudah maksimal dalam sosialisasi ke perangkat desa. Hanya saja perangkat desa kurang tanggap dalam menerima info dari panitia.
Hari selanjutnya, Sabtu, 22 November 2013 acara dimulai dari pagi pukul 08.00 di MIM Seretan, TK Seretan, SD N Sendangrejo dan TK Pertiwi Sendangrejo. Acara yang dilaksanakan di sekolahan yaitu “Lomba-lomba dan pengajaran” yang diikuti oleh seluruh siswa. Lomba-lomba tersebut berupa lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba baca puisi, dan lomba menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional. Juri pada lomba-lomba tersebut adalah Ketua Umum Ormawa FKIP. Keceriaan terlihat jelas pada siswa-siswa serta juri lombanya. Setelah lomba-lomba, siswa diajak untuk ice breaking dan kemudian pengumuman pemenang lomba. Acara tersebut terbilang lancar dan mendapat respon yang baik dari pihak sekolah.
Acara selanjutnya yaitu “Pembagian Sembako” yang dilakukan oleh panitia, BEM FKIP, dan HMP. Acara ini dilakukan dengan konsep door to door. Walaupun rumah yang menjadi sasaran cukup jauh dan jalannya kurang bagus namun tidak mengurangi semangat teman-teman dalam membagikan sembako. Sore harinya, ada kegiatan “Pasar Murah” yang juga diiringi hiburan untuk menarik masyarakat desa Sendangrejo. Kegiatan pasar murah ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat. Barang-barang yang dijual pada pasar murah ini adalah sembako dan pakaian layak pakai.
Malam harinya, ada pengajian dan hiburan. Pengajian diisi oleh Bapak Abu Bakry Royani. Masyarakat yang hadir dalam acara pengajian ini cukup banyak. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Acara selanjutnya yaitu hiburan yang diisi oleh penampilan drama oleh HMP PBSID.
Hari Minggu, 23 November 2013 pagi hari diawali dengan “Penanaman Pohon” disepanjang jalan seretan yang baru di bangun. Penanaman pohon ini dilakukan bersama dengan bapak-bapak yang juga sedang kerja bakti. Kebersamaan dan kesederhanaan ini semakin terasa saat panitia dan BEM makan ketela rebus bersama dengan masyarakat.
Pada pukul 10.00 acara dilanjutkan dengan “Pengobatan Gratis” yang bekerja sama dengan Muhammadiyah Medical Cetre. Acara tersebut sangat lancar, dan banyak warga yang antusias datang ke balai desa. Jumlah warga yang hadir dan berobat sebanyak 61. Acara ini selesai pada pukul 13.00 WIB.
Setelah itu, acara berikutnya adalah “Presentasi Lomba Masak” dengan bahan dasar singkong. Acara ini diikuti oleh ibu-ibu posyandu desa Sendangrejo. Juri pada acara ini adalah Ibu Lurah, Hesti Kartikasari, dan Gista Ratih Astatin. Acara ini langsung disambung dengan acara penutupan dan pengumuman lomba masak-masak. Penutupan ini diisi oleh ketua panitia, ketua BEM, dan Bapak Lurah.
Acara yang dilaksanakan selama 3 hari di klego memberikan kesan yang yang mendalam bagi panitia, rekan-rekan BEM, dan warga masyarakat desa Sendangrejo. Terbukti dengan isi dari sambutan bapak Lurah pada saat penutupan yang merasa sangat berkesan dan menyampaikan ucapan terimakasih untuk panitia.
Serangkaian acara Pengabdian Masyarakat, ditutup dengan kegiatan “Konser Amal dan Closing Ormawa” yang bertempat di GOR UMS. Dalam acara ini dihadiri oleh WD III FKIP UMS dan Ormawa FKIP. Acara ini diselenggarakan bekerjasama dengan Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) kota Surakarta sebagai sasaran donasi dana konser amal. Sekaligus YPAC Music Percussion diundang untuk mengisi acara dalam acara tersebut. Acara ini diisi oleh beberapa bintang tamu, antara lain D’Javu, The Knigh Boys, YPAC Music Percussion, S.H.A.P.E Yesterday, Teather Wejang, dan AsIk. Selain itu acara ini juga sekaligus merupakan acara Grand Clossing ormawa FKIP UMS tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar