Minggu, 15 Desember 2013

Kegiatan penyebaran angket “apa solusimu?”


Kegiatan penyebaran angket ini dilaksanakam pada hari Senin, 2 Desember 2013. Dalam isi angket tertera “apa solusimu?” kata tersebut tidak hanya sekadar tulisan yang begitu saja dicetak, akan tetapi memiliki sebuah makna yang terkandung didalamnya. Maknanya yaitu setiap mahasiswa yang merasakan permasalahan dapat mengungkapkan segala keluh kesahnya, namun semua permasalahan yang mahasiswa alami tidak hanya diluapkan dalam bentuk tulisan yang ada pada kolom “kritik” namun juga memberikan sebuah alternative solusi ataupun masukan pada kolom “solusimu”. Jadi mahasiswa diarahkan untuk dapat memberikan solusi, tidak hanya memberikan kritik saja.
Hasil rekapan angket ini akan disampaikan kepada pimpinan fakultas/dekanat periode selanjutnya. Karena saat ini momenya sedang masa trransisi di jajaran dekanat. Sehingga kami beranggapan momen ini sangat tepat untuk menyampaikan segala aspirasi dari mahasiswa. Harapannya dengan dekanat yang baru dan dengan kepemimipinan yang baru pula, aspirasi mahasiswa dapat ditampung dengan baik dan mahasiswa sering dilibatkan untuk mengambil solusi atas permasalahan-permasalahan yang ada di FKIP khususnya yang berkaitan dengan mahasiswa.
Oleh karena itu, kami memfasilitasi mahasiswa yang berkeinginan ikut serta dalam menyelesaikan masalah di FKIP dalam bentuk kegiatan penyebaran angket ini. Kegiatan yang masuk dalam kegiatan insidental bidang IV  (Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat) BEM ini memiliki dua manfaat yaitu memberikan masukan kepada beberapa pihak di FKIP serta memberikan sebuah solusi akan permasalahan tersebut.
Kegiatan penyebaran angket mengambil ranah di daerah FKIP. Dengan mendatangi setiap mahasiswa yang sedang luang waktunya, kami menghampiri mereka kemudian memberikan sebuah angket untuk diisi oleh mahasiswa. Pengisian angket tersebut kami tunggu sehingga apabila mahasiswa kurang paham dapat bertanya secara langsung apa maksud angket tersebut. Kegiatan  ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WIB.
Semua angket yang disebarkan kepada mahasiswa akhirnya terkumpul semua. Berdasarkan angket yang terkumpul, maka permasalahan dapat diklasifikasikan dalam beberapa aspek diantaranya fasilitas, TU, dekan, kebersihan, dan dosen. Adapun hasil klasifikasinya adalah sebagai berikut.

Aspek
Permasalahan
Solusi
Fasilitas
1.      Kursi dan LCD ruangan kelas banyak yang rusak. AC di kelas banyak yang mati.
2.      Ruang HMP terlalu kecil.
3.      Banyak lampu yang mati.
4.      Hot spot sering mati.

5.      Ruang Ormawa banyak terjadi pencurian yang tidak terungkap yang disebabkan sedikitnya bukti karena tidak ada CCTV.
6.      Tidak ada gedung pementasan drama.







7.      Kurangnya ruang kuliah PGSD dan PAUD tidak memiliki gedung, padahal mahasiswanya banyak. Mahasiswa sering bolak balik dari gedung satu ke gedung selanjutnya.
8.      Kurangnya perawatan fasilitas yang ada.


9.      Gedung B kurang fasilitas.
10.  Menginginkan fasilitas perpustakaan khusus FKIP.
11.  Cat tembok mulai mengelupas.

12.  Gedung C sebaiknya ada musholla.
1.      Mengganti kursi dan LCD yang sudah rusak dan memperaiki Ac yang mati.


2.      Merenovasi ruangan HMP agar lebih luas.
3.      Mengganti lampu yang sudah mati.
4.      Memperbaiki hot spot agar dapat digunakan.
5.      Memberikan CCTV pada setiap sudut kampus. Selain itu Satpam sebaiknya melakukan pengecekan setiap pagi, siang, sore, dan malam.

6.      Membangun gedung pementasan drama, sebab jurusan PBSID, Bahasa Inggris, dan Teater Wejang sering mengadakan pementasan drama, namun tidak ada tempat khusus untuk melakukan kegiatan itu.
7.      Dengan banyaknya mahasiswa, maka sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.




8.      Menjaga dan member pengarahan kesadaran untuk merawat  fasilitas yang ada.
9.      Memperbaiki fasilitas yang ada di gedung B.
10.  Mendirikan perpustakaan khusus FKIP.

11.  Mengecat tembok yang mulai mengkusam dan mengelupas.
12.  Hall C lantai 2 sebaiknya dijadikan musholla.
Tata Usaha
&
BAA
1.      Pelayanan di TU kurang ramah.

2.      Pelayanan di BAA sangat kurang.
1.      Adakan pelatihan mengenai cara pelayanan yang bagus untuk TU.
2.      Menegur pegawai BAA agar memperbaiki pelayanannya.
Dekan
1.      Dekan kurang bersosialisasi dengan mahasiswa umum sehingga banyak yang kurang tahu nama dekan.
2.      Kurangnya keterbukaan dekan dengan mahasiswa.
1.      Sering mengadakan dialog dengan mahasiswa.




2.      Melibatkan mahasiswa dalam setiap penyelesaian permasalahan di FKIP agar terasa ringan serta diikutsertakan dalam pengambilan kebijakan.
Kebersihan
1.      Kantin di lingkungann FKIP kurang bersih.
2.      Banyak mahasiswa yang membuang sampah sembarangan.







3.      Gedung FKIP terlihat kumuh.





4.      Gedung HMP Geografi jarang dibersihan petugas kebersihan.
5.      Kamar Mandi masih kotor.
6.      Banyak sampah yang berserakan.
7.      Kamar mandi di Gedung I tidak terpisah antara putera dan puteri.
8.      Selokan samping gedung B jarang dibersihkan.
1.      Menanamkan kebersihan dimana saja.
2.      Mengadakan kegiatan go green atau cinta lingkungan agar mahasiswa sadar. Mengadakan kegiatan bersih-bersih secara bersama-sama. Memperingati mahasiswa yang membuang sampah sembarangan.
3.      Adakan  petugas kebersihan setiap pagi dan sore agar selalu terjaga kebersihan serta meminta partisipasi mahasiswa agar ikut terlibat dalam menjaga kebersihan.
4.      Membersihkan secara menyeluruh agar kebersihan tetap terjaga.

5.      Menjaga kebersihan di kamar mandi.
6.      Menyediakan tempat
      sampah lebih banyak.
7.      Sebaiknya dipisah agar terasa nyaman.


8.      Memperbaiki saluran air dan selokan.
Ormawa
1.      Kurangnya minat mahasiswa untuk bergorganisasi.

2.      Mahasiswa yang didelegasikandalam kegiatan kurang kompak dalam bekerja.
1.      Mengadakan pengenalan lebih menarik dan detail agar menarik minat mahasiswa.
2.      Lebih memperketat dan mempertegas pendelegasian agar kerja sama terbangun secara maksimal.
Dosen
1.      Dosen sering kali tidak masuk kelas sehingga mahasiswa malas kuliah.
1.      Menegur dan memperingati dosen yang jarang masuk kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar